Rabu, 27 November 2013

Matikan Rokok Anda Sekarang !!!





iam.irhamillah | 11/27/2013 08:59:00 AM | 0 Comments




ASSALAMUALAIKUM WR. WB

            Pasti kalian semua tau tentang akan bahaya merokok. Mungkin bagi sebagian orang merokok itu telah menjadi benda kecil yang paling banyak digemari. Memang zaman sekarang  merokok telah menjadi gaya hidup bagi banyak pria dan wanita, bahkan termasuk anak-anak dan kaum remaja. Dan anda pasti pernah melihat tulisan di belakang bungkus rokok, seperti ini “ merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Meski kalian memahami maksud tulisan yang dibelakang bungkus itu, tapi tetap saja orang-orang perokok itu cuek dan terus menghisap batang rokok. Entah mereka hanya sekedar ingin di anggap sebagai anak gaul atau mungkin rokok itu sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya sendiri.
               Apapun alasan nya, kita harus sejak dini menghindari rokok tersebut. Sebab efek dari asap rokok tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat yang akan bisa membawa kita kepada kematian. Itu bukan hal yang terlalu berlebihan menurut saya. Jika saya mengatakan hal tersebut, namun memang fakta nya seperti itulah efek negative kalau kita merokok. Mungkin untuk saat ini tidak akan  merasakan efeknya secara langsung akan tetapi efek itu akan terasa dalam jangka waktu yang lama.
            Menurut penelitian, ternyata yang akan menerima efek negatif dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja, akan tetapi perokok pasif pun akan menerima akibat negatif dari rokok tersebut. Dan justru efek yang diterima oleh perokok pasif akan jauh lebih berbahaya lagi ketimbang perokok aktifnya. Mungkin ada sebagian dari anda yang masih bingung dengan istilah perokok pasif. Jadi perokok pasif merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang sebenarnya bukan seorang perokok akan tetapi orang yang berada atau dekat dengan orang-orang yang merokok sehingga ia secara tidak langsung sering menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh para perokok aktif. Dan kenapa lebih bahaya di bandingkan perokok aktif karena asap yang di hirup oleh perokok pasif akan langsung masuk ke paru – paru melalui hidung.
            Beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat merokok
1. kanker paru
            Asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.
2. kanker payudara
            Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.
3. kanker pencernaan
            Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).
4. kanker ginjal
            Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.
5. serangan jantung
            Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.
6. penyakit jantung koroner
            penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.
            Dan berikut ini saya juga akan memberikan tips untuk para perokok agar mereka bisa berhenti merokok. Sebaiknya anda yang perokok dicoba dulu, apa salah nya untuk mencoba dulu.
Cara- cara berhenti merokok.
1. Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
2. Belajar membenci rokok
3. Bergaul lah dengan orang yang tidak merokok
4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
7. Beritahu teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
8. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
9. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
12. Coba dan coba lagi jika masih gagal.
            Jika saja anda adalah salah satu orang yang merokok aktif, cobalah untuk berhenti merokok dengan melakukan cara sebagai berikut. Hal penting yang harus dilakukan dalam berhenti merokok adalah NIAT yang sungguh-sungguh. Buat apa kita merokok padahal merokok itu tidak ada manfaat nya sama sekali untuk tubuh kita. Merokok itu hanya merugikan anda yang perokok dan orang-orang disekitar anda. Merokok itu sama hal nya dengan membakar uang kita sendiri. Jadi, Ayo Matikan Rokok Anda Sekarang Juga, Sebelum Rokok Itu Mematikan Anda Dan Sekitar Anda.

            Semoga informasi diatas bisa memberikan kita pencerahan dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak bahaya merokok.

sumber : 


 



By iam.irhamillah
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 komentar: