Organisasi adalah kumpulan orang-orang yang memiliki
kesamaan dalam satu tujuan. Organisasi terbentuk karena dipengaruhi oleh
beberapa visi dan misi yang sama. Organisasi itu bisa sebagai pendukung proses
sosialisasi di dalam sebuah lingkungan bermasyarakat, karena organisasi dapat
membantu suatu individu atau masyarakat untuk lebih aktif lagi dalam lingkungan
nya maupun di kehidupan nya. (Lanjutkan Membaca).
Konflik yang berarti saling memukul. Konflik dapat
diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebih dimana salah satu
pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkan atau membuat tidak
berdaya. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri tertentu yang dibawa
individu dalam suatu interaksi. Konflik merupakan situasi yang wajar dalam
setiap masyarakat dan tidak ada satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami
koflik antar anggotanya atau masyarakat itu sendiri.
Pengambilan keputusan
adalah sesuatu ide yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan
tegas, dengan sengaja, tidak secara
kebetulan, dan tidak sembarangan. Seorang pimpinanlah yang berhak menentukan
pengambilan keputusan yang akan di terapkan dalam organisasi tersebut,
hendaknya dalam pengambilan keputusan melalui beberapa proses. Tentunya setiap
proses untuk pengambilan keputusan ini pasti bersangkutan dengan konflik yang
ada, dan dalam mengambil keputusannya juga pemimpin tidak boleh memihak sebelah
pihak serta bersikap bijak juga tanggung jawab. Agar tidak ada pihak yang
merasa di kecewakan. Proses yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam
berorganisasi (Lanjutkan Membaca).
Komunikasi adalah Suatu proses
penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan
tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama. Komunikasi dalam organisasi
sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan
dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan
seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk
membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah
membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.
Salah satu contoh komunikasi dalam
organisasi yaitu di dalam organisasi atau perusahaan membutuhkan komunikasi yang baik antara
atasan dan bawahan, antara karyawan dan antara perusahaan dengan masyarakat
umum. Apabila perusahaan adalah unit usaha yang mempunyai tujuan mendapatkan
laba, maka perusahaan harus bekerja sama dengan karyawan yang ada didalam
perusahaan tersebut. Mereka juga harus
menjaga komunikasi (Lanjutkan Membaca).
Dalam
perjalanan suatu organisasi pasti selalu ada perubahan dan perkembangan.
Perubahan
organisasi terjadi karena adanya perubahan-perubahan dalam berbagai variable
eksternal seperti system politik, ekonomi, teknologi, pasar, dan nilai-nilai. Di
dalam proses perubahan, terdapat seorang atau individu yang bertanggung jawab
atas peranan kepemimpinan dalam proses pengelolaan perubahan. Perubahan
organisasional adalah tindakan beralihnya suatu organisasi dari kondisi yang
berlaku kini, ke kondisi masa yang akan dating yang diinginkan guna meningatkan
efesiensinya.
Perubahan
organisasi akan mengarah kepada opsi mundur, apabila sistem perencanaan yang
ada didalamnya baik satu ataupun banyak komponen yang menyusun mengalami
disfungsi. Konsekuensinya akan tampak pada meredupnya kegiatan tanpa ada alasan
yang jelas dan timbulnya kesenjangan di dalam organisasi .
Perubahan
organisasi akan mengarah pada opsi maju apabila ada kesinambungan yang harmonis
antara system dan pelaksananya (Lanjutkan Membaca).
Pemimpin adalah figure seseorang yang bijaksana, berani mengambil
keputusan dan yang paling penting berwibawa dan bisa memimpin untuk mencapai tujuan
bersama. Sekarang sudah sangat sedikit orang yang mempunyai ciri-ciri seorang pemimpin
yang baik didalam organisasi maupun badan-bandan usaha, bisnis, dan pemerintahan.
Kepemimpanan dan pemimpin mempunyai arti yang berbeda tapi selalu berkaitan
secara fungsional dan struktural, Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam
diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara
sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau bakat dan
sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Dan pemimpin adalah seorang pribadi
yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu
bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama
melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa
tujuan.
Jadi
pemimpin haruslah yang jujur, bijaksana, bertanggung jawab, dan berani mengambil
keputusan, tapi sekarang cukup banyak pemimpin sudah banyak menyalahgunakan
kepemimpinannya untuk kepentingan diri sendiri dan juga berkelompok, inilah
yang harus kita rubah sesegera mungkin agar tidak terjadi secara turun menurun
dan menjadi hal yang biasa dilakukan.(Lanjutkan Membaca).
0 komentar: