1.
Jelaskan tentang perkembangan jaringan
komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika !
Jawab
:
Konsep
jaringan komputer lahir sekitar Tahun 1940-an di Amerika, dari sebuah proyek pengembangan
komputer Model I di laboratorium Bell dan group riset di Harvard University,
yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanya ingin
memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Dalam rangka
meningkatkan efisiensi kerja maka dibuat proses beruntun (Batch Processing),
sehingga beberapa program dapat dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah
antrian.
Pada
Tahun 1950-an, saat jenis computer mulai membesar hingga terciptanya super
computer, maka sebuah computer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu,
ditemukan konsep distribusi proses yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing
System). Dengan demikian, bentuk jaringan (network) computer pertama kali
diaplikasikan.
Selanjutnya,
perkembangan jaringan komputer global dimulai pada 1969 ketika Departemen
Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga dapat saling berkomunikasi dan membentuk
sebuah jaringan.
Pada
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang
diciptakan satu tahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e-mail ini cukup mudah,
sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika
Serikat.
2.
Jelaskan tentang perkembangan teknologi
wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan program aplikasi yang
digunakan pada perangkat wireless !
Jawab
:
Program
yang digunakan pada perngkat wireless untuk mengakses internet antara lain
meliputi: Sistem Operasi, Web Browser, E-mail Client (mail user agent) dan
Instan Messaging Client.
a. Sistem Operasi yang digunakan hendaknya
disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan, perhatikan minimum hardware.
Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjalankan system
operasi Windows XP atau Windows Vista. Selain menggunakan Windows XP atau
Vista, anda juga bias menggunakan system operasi gratis seperti, Ubuntu, Open
SusE dan mandriva. Untuk penggunaan macintosh biasanya telah terinstal system
operasi Mac OS.
b. Web Browser Adalah perangkat lunak yang
berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang
disediakan oleh web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan
tersambung satu dengan yang lainnya, yang dikenal sebagai Word Wide Web (www).
Contoh Web browser antara lain: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan
Safri. Internet Explorer biasanya hanya tersedia pada sistem operasi windows
dari sejak windows 9 sampai dengan windows vista. Sebaiknya, Mozilla firefox
dan opera tersedia pada windows, mac OS maupun Linux. Safari dulu hanya
tersedia untuk Mac OS, kini telah ada versi safari untuk windows.
c. E-mail Client berfungsi untuk mengelola
e-mail. Contoh e-mail client antara lain Microsoft outlook express, Microsoft
office outlook dan Mozilla thunderbird.
d. Instant messaging client sebagai sarana
chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan
berupa teks. Contoh instant messaging client adalah ICQ, Yhoo messenger, iChat
dan pidgin.
3.
Jelaskan dan gambarkan fitur layout
telematika !
Jawab
:
Pada
dasarnya, fitur layout telematika terbagi 6 macam fitur layanan antara lain :
·
Head Up Display System
merupakan sebuah tampilan transparan
yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang
lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah
depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrument.
·
Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat
TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi
digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah
tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang
profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.
Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan
bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi
dan diamati secara langsung.
·
Computer Vision
Computer Vision (komputer visi)
merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan
pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).
Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan
deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian
medis.
·
Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode
browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang
ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing.
·
Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara
otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer
speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang
merubah suara menjadi tulisan (hebat, padahal kalo lagi di dikte sama dosen
juga kita bisa ngubah suara jadi tulisan). Istilah ‘voice recognition’
terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal
dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak
untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal
pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk
mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan
istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
·
Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan
dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut
speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat
keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi
pembicaraan.
A Short Description about youself
Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments
0 komentar: