1. Pengertian
permintaan dan penawaran ?
Jawab :
-
Permintaan adalah sejumlah barang yang
dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
-
penawaran adalah sejumlah barang yang
dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
2. Hukum
permintaan dan penawaran !
Jawab :
-
Hukum permintaan yaitu “Semakin turun
tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan
sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang
bersedia diminta.”
-
Hukum penawaran yaitu “Semakin tingi
harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya,
semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.”
3. Faktor
– faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran !
Jawab :
-
Tingkat permintaan akan dipengaruhi oleh
beberapa faktor yang selalu mengikutinya, antara lain adalah : perilaku/selera
konsumen, ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap,
pendapatan/penghasilan konsumen, perkiraan harga di masa depan dan
banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen.
-
Tingkat permintaan akan dipengaruhi oleh
beberapa faktor yang selalu mengikutinya, antara lain adalah : perilaku/selera
konsumen, ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap,
pendapatan/penghasilan konsumen, perkiraan harga di masa depan dan banyaknya/intensitas
kebutuhan konsumen.
4. Penentuan
harga keseimbangan !
Jawab :
Harga keseimbangan atau harga
ekuilibrium dalam ekonomi adalah merupakan harga yang terbentuk pada titik
pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan
kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang
ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik
keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak
penjual dalam menentukan harga.
5. Pendekatan
perilaku konsumen !
Jawab :
·
Pendekatan konsumen Kardinal adalah daya
guna dapat diukur dengan satuan uang atau utilitas, dan tinggi rendahnya nilai
atau daya guna tergantung kepada subyek yang menilai. Pendekatan ini juga
mengandung anggapan bahwa semakin berguna suatu barang bagi seseorang, maka
akan semakin diminati.Pendekatan kardinal biasa disebut sebagai Daya guna
marginal .
·
Pendekatan konsumen Ordinal adalah pendekatan
yang daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan
konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari
mengkonsumsi sekelompok barang.
6. Konsep
elastisitas !
Jawab :
·
Elastisitas Harga Permintaan
Elastisitas
harga permintaan adalah derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat
perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan
daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase
perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika
harga naik, maka kuantitas barang turun dan sebaliknya.
·
Elastisitas Harga Penawaran
Sama
hal dengan perhatian elastisitas harga pada permintaan, maka pengertian
elastisitas harga pada penawaran, diartikan sebagai suatu alat untuk mengukur
respon produsen terhadap perobahan harga, penghitungan elastisitas harga
penawaran sama dengan penghitungan pada elastisitas harga permintaan, hanya
saja perbedaan pengertian jumlah barang diminta diganti dengan jumlah barang
yang ditawarkan.
·
Elastisitas silang
Kecenderungan
perubahan permintaan suatu barang disebabkan terjadi perubahan harga barang
lain.
·
Elastisitas pendapaatan
Kecenderungan
perubahab permintaan suatu barang yang disebabkan oleh perubahan pendapatan
masyarakat.
Sumber :
A Short Description about youself
Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments
0 komentar: